Senin, 23 Juli 2012

IV. 2. PENGANTARAAN ATAU PEKERJAAN KEIMAMATAN YESUS

2. PENGANTARAAN ATAU PEKERJAAN KEIMAMATAN YESUS
     Rencana keselamatan Allah sepenuhnya meminta perimbangan akan setiap kelemahan manusia dan setiap kuasa musuh itu. Daud menyatakan "Dari Tuhan datang pertolongan. BerkatMu atas umatMu! Sela Mazmur 3:9.

     Ketika Yunus tidak mau memberitakan pekabaran keselamatan Allah ke Niniwe dan menyerah di dalam laut, di dalam perut ikan, yang besar. Apabila ia berseru, "Keselamatan adalah dari Tuhan." Alkitab mengatakan, "Lalu berfimanlah Tuhan kepada ikan itu, dan ikan itupun memuntahkan Yunus ke darat." Yunus 2:9, 10.


     Ada tujuh aspek dari kehidupan Kristus yang memungkinkan orang melewati kematian menuju hidup kekal. Setiap orang adalah penting. Dalam pelajaran ini kita mengutamakan kehidupan Kristus kini dan apa yang dilakukanNya bagi kita sekarang.


1. Apa yang perlu bagi Kristus untuk menjadi imam, sebagai pengantara manusia di hadapan Allah?
Baca Ibrani 2:14-18.
Catatan: Kristus datang untuk membinasakan setan dan menciptakan kelepasan dari perhambaan dosa. Untuk melakukan ini Ia mengambil bagian dalam daging dan darah, Dia mati, dan Dia dijadikan imam selama-lamanya.


2. Apa gelar pertama yang diberikan kepada Yesus?
"Lalu kata malaikat itu kepada mereka; 'Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa. Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud." Lukas 2:10, 11.
Catatan: Ketika Kristus memasuki daging manusia (Ini disebut penjelmaanNya). Dia datang sebagai Juruselamat manusia. Ini adalah permulaan kegenapan janji Penebus yang diberikan dalam Kejadian 3:15.


3. Apa aspek penting lain dari kehidupan Kristus?
"Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah dideritaNya, dan sesudah Ia mencapai kesempurnaanNya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepadaNya." Ibrani 5:8, 9.
Catatan:  Sebelum Kristus mati untuk dosa-dosa manusia, Ia harus menunjukkan suatu kehiduapn yang tanpa dosa dalam daging. Kristus disempurnakan untuk pekerjaanNya sebagai imam dengan mengalami banyak penderitaan umat manusia. Dengan mengetahui sakit hati dan masalah kita Dia dapat menjadi perantara yang mengerti dan berbelas kasihan. Baca Ibrani 2:17, 18; 4:15; 5:1, 2, 7-9. Dengan demikian Kristus memenuhi syarat menjadi imam dengan mengetahui seluk-beluk kemanusiaan kita.


4. Kapan Kristus dibuat menjadi imam?
Baca Ibrani 10:11-14.
Catatan:  Empat hal terjadi sebelum Kristus menjadi imam--penjelmaan, penyaliban, kebangkitan, dan kenaikan ke sorga. Duduknya Kristus di sebelah kanan Bapa telah diramalkan dalam Mazmur 110:1, 4, dan Paulus menemukan kegenapannya sesudah kematian, kebangkitan dan kenaikan Kristus. Baca Ibrani 1:3. Kristus mempersembahkan kebaikan-kebaikan dari pengorbananNya yang menebus. Baca Ibrani 8:3; 9:12-14.


5. Siapakah pengantara itu?
Dia adalah seorang yang bertindak sebagai pendamai antara orang-orang yang bertengkar. Kristus bukan hanya bertindak sebagai pendamai tetapi Dia telah membayar hutang manusia. Dia mati menggantikan tempat manusia dan dengan tindakan ini Kristus menjadi Pengantara kita.


6. Mengapa perlu Yesus kembali ke sorga?
a. Supaya Roh Kudus dapat diberikan Baca Yohanes 16:7
b. Supaya Kristus dapat memulai pengantaraanNya bagi kita Baca Roma 8:34.
c. Supaya Ia dapat menyediakan tempat tinggal bagi umatNya. Baca Yohanes 14:2, 3.


7. Berapa banyak pengantara antara Allah dan manusia?
"Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus." I TImotius 2:5.


8. Apakah pekerjaan Kristus sebagai pengantara perlu kepada rencana keselamatan?
Dalam kaabah dunia penebusan telah dilambangkan oleh korban yang bermacam-macam. Ketika orang berdosa membawa korban persembahannya, imam mengambil darah binatang itu ketika disembelih dan menaruhnya ke tanduk-tanduk mezbah. Alkitab menyebut ini suatu pekerjaan penebusan. BAca Imamat 4:25, 26. Jadi penebusan terdiri dari korban yang dibawa manusia tambah penggunaan manfaatnya oleh imam. Begitupun juga rencana penebusan bukan hanya mencakup kematian Kristus sebagai pengganti tetapi juga pekerjaanNya sebagai Imam besar kita. Untuk menggunakan manfaat pengorbananNya, Kristus sesudah bangkit dari kematian "untuk pembenaran kita." (Roma 4:25) Ia memasuki sorga sebagai Imam Besar kita. Baca Ibrani 9:12.


9. Apakah yang dimaksudkan Paulus ketika ia menyebutkan "dengan sendirinya akan berubah pula hukum Taurat itu" (Ibrani 7:12, bagian terakhir)?
Ini tidak mempunyai hubungan dengan kesepuluh Hukum. Dalam ayat 11 dijelaskan bahwa penyempurnaan dari keimamatan Kristus tidak akan didapati dalam keimamatan orang Lewi. Sebab jika imamat berubah-dengan sendirinya akan berubah pula hukum Turat yang mengatur pembinaan imam-imam itu. Sebab Allah Bapa telah mengurapi Kristus supaya melayani sebagai pengantara manusia dalam kaabah sorga (Ibrani 8:1, 2), itu membei arti bahwa hukum lambang dan bayangan yang mengatur upacara keimamatan telah berakhir dalam kematian yang menebus dan pekerjaan keimamatan Kristus.


10. Apakah suku dari mana Kristus berasal akan melayani dalam keimamatan?
"Sebab Ia, yang dimaksudkan di sini, termasuk suku lain; dari suku ini tidak ada seorangpun yang pernah melayani di mezbah. Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apapun tentang imam-imam." Ibrani 7:13, 14.


11. Oleh wewenang siapa Kristus dijadikan imam?
Baca Ibrani 7:15, 16, 20, 21.
Catatan: Kaabah Israel yang di dunia ini dengan imam-imam dan korban-korbannya digunakan sebagai lambang kematian dan pekerjaan keimamatan Kristus. Keimamatan kuno yang lain pada waktu Melkisedek, Raja Salem juga diramalkan menjadi lambang dari pekerjaan keimamatan Kristus (Mazmur 110:4). Melkisedek adalah seorang raja dan imam. Kenyataan ini, ditambah dengan arti gelar atau namanya (raja damai, Raja kebenaran) membuat dia lambang yang tepat dari keimamatan Kristus yang rajani dalam sorga. Adalah wewenang Bapa yang mengatakan karena kehidupan AnakNya yang tidak berakhir sehingga Ia harus menjadi imam selama-lamanya. Baca Ibrani 7:28.


12. Apa yang dilakukan Kristus sekarang di sorga?
"Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita." Ibrani 9:24.


13. Janji-janji apakah yang diberikan Imam Besar kita itu kepada kita?
"Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka." Ibrani 8:12.
Catatan: Persetujuan Perjanjian Baru adalah janji Allah untuk manaruh hukumNya dalam hati dan pikiran kita. Baca Ibrani 8:7-13; 10:16, 17. Allah tidak mengubah sikapNya terhadap dosa dan hukumNya. Dia mengampuni dosa karena kematian AnakNya.


14. Untuk siapakah berguna pekerjaan pengantaraan Kristus sekarang ini?
a. Untuk orang berdosa yang bertobat. "Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka." Ibrani 7:25. Baca I Yohanes 1:9.
b. Untuk orang percaya yang jatuh ke dalam dosa. "Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang  berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu yesus, yang adil." 1 Yohanes 2:1.


KESIMPULAN
     Sebab pengantaraan Kristus yang tetap kita dengan "penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan pada waktunya." Ibrani 4:16. Karena hidupNya tanpa dosa, kematianNya di kayu salib berhasil. Sekarang Dia mengantarai kita sebagai Imam Besar kita. KemenanganNya cukup untuk setiap orang percaya yang bertobat. Satu bagian terakhir dalam rencana keselamatan yang besar adalah kedatangan Yesus Kristus. "Demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diriNya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diriNya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia." Tujuh fakta besar dari kehidupan Kristus yang memberikan jaminan hidup kekal ialah: (1)KealahanNya; (2)PenjelmaanNya; (3)HidupNya yang tanpa dosa; (4)KematianNya yang menebus; (5)KebangkitanNya; (6)Kenaikan dan pengantaraanNya; (7)KedatanganNya yang kedua kali untuk menjemput umatNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar