Jumat, 06 Juli 2012

II. - 3. MENGAPA ALLAH MENGIZINKAN DOSA? - KEJATUHAN DAN PEMULIHAN MANUSIA

3. MENGAPA ALLAH MENGIZINKAN DOSA
     Banyak orang yang telah bingung karena dosa dan penciptaannya, Iblis, masih ada. Bahkan sebagian orang membebankannya kepada Allah karena Ia mengizinkan dosa. Allah adalah baik, murah hati, dan penuh kuasa tetapi Ia juga adalah kasih. Setiap makhluk ciptaan dikaruniai dengan kebebasan memilih. Allah menginginkan manusia untuk melayaniNya sebab mereka memilih untuk berbuat demikian dan bukan karena mereka tidak dapat berbuat selain dari pada itu.

1. Mengapa Allah tidak membunuh setan ketika ia pertama kali berdosa dan mencegah dosa masuk ke dunia ini?
"Allah adalah kasih." I Yohanes 4:8.
Catatan: Pemerintahan Allah didasarkan atas kasih. Jika Allah sudah membinasakan Iblis dengan segera mahkluk-mahkluk sorga akan melayani Dia dengan takut. Kebebasan memberikan waktu untuk menghakimi sifat pemberontakan Iblis. Baca Ibrani 2:14 dan Yohanes 3:8.
     Kehidupan dan kematian Kristus membeberkan sifat Iblis yang sebenarnya dan akibat dosa. Dengan demikian dalam waktu yang tepat Allah akan dapat membinasakan Iblis dan dosa dengan izin semesta alam.

2. Apakah setan akan dibinasakan?
"Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematianNya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut." Ibrani2:14.
Catatan: Oleh karena Kristus belum kembali, waktunya belum tiba untuk pembinasaan Iblis. Allah mengizinkan iblis melaksanakan tujuannya. Lagi pula pembinasaan Iblis tidak akan terjadi hingga setiap orang mempunyai kesempatan untuk menerima Kristus dan hidup selama-lamanya. Pembinasaan Iblis akan terjadi sebelum dunia ini dibaharui sesudah kedatang Yesus kedua kali. http://nubuatanalkitabaz.blogspot.com/2012/06/pelajaran-47-kedatangan-yesus-kedua.html

3. Dapatkah kita menang dalam peperangan melawan setan, jika dapat , bagaimana?
"Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasaNya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis." Efesus 6:10-11.
Catatan: Baca Efesus 6:12-18 di mana rasul itu menyatakan perlunya mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah. Senjata itu ada tujuh bagian dan menjadi jaminan kemenangan, Senjata itu terdiri dari kebenaran, keadilan, injil perdamaian, iman, keselamatan, Alkitab dan doa.

4. Bagaimana kita dapat mengalahkan pencobaan setan?
"Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu." Yakobus 4:7. "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku." Filipi 4:13.
Catatan: Anda dapat hidup benar walaupun setan senantiasa berusaha mencobai. Tetapi bagaimana? Anda dapat menang dengan menyerahkan kehendak anda kepada Kristus. Jangan takut, Kristus sudah dicobai dalam segala hal, namum Ia tidak pernah berdosa. Ada kemenangan atas dosa dengan mengikuti petunjuk yang terdapat dalam Yesaya. "Berpalinglah kepadaKu dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain." Yesaya 45:22.

Kesimpulan
     Maksud Allah yang semula pada suatu hari akan digenapi. Akan ada dunia yang tidak berdosa, Tangan Allah telah diletakkan kepada bangsa-bangsa seperti yang dikatakan Alkitab, "Itulah rancangan yang telah dibuat mengenai seluruh bumi, dan itulah tangan yang teracung terhadap segala bangsa. Tuhan semesta alam telah merancang, siapakah yang dapat menggagalkannya? TanganNya telah teracung, siapakah yang dapat membuatnya ditarik kembali?" Yesaya 14:26, 27. Setelah pertentangan antara Kristus dan Iblis dilanjutkan, maksud dan rencana Allah untuk manusia dikembangkan. Baca Yohanes 3:16, 17. Buatlah kehendakmu di pihak Allah untuk kemenangan atas dosa "Sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia." I Yohanes 4:4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar