Kamis, 05 Juli 2012

I. ILHAM ALKITAB - 3 PENCIPTAAN DARI SEMUANYA


3. PENCIPTAAN DARI SEMUANYA

      Siapa yang menjadikan dunia? Bagaimana manusia datang ke dunia ini? Dari mana bunga-bunga, pohon-pohon, burung-burung, binatang-binatang, dan ikan datang? Untuk memberi jawab yang tepat kepada pertanyaan-pertanyaan ini kita harus kembali kepada Alkitab. Buku Allah berisi catatan penciptaan. 

1. Apakah sumber materi alam ini?
"Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi." Kejadian 1:1.
2. Bagaimana langit dijadikan?
"Oleh firman Tuhan langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulutNya segala tentaranya.... Sebab Doa berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada." Mazmur 33:6, 9.
3. Berapa lama dunia ini tahan?
"Yang telah mendasarkan bumi di atas tumpuannya, sehingga takkan goyang, untuk seterusnya dan selamanya." Mazmur 104:5.

4. Siapa yang telah menciptakan semuanya itu?
"Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah: siapa yang menciptakan semua bintang itu dan menyuruh segenap tentara mereka keluar, sambil memanggil nama mereka sekaliannya? Satupun tiada yang tak hadir, oleh sebab Ia maha kuasa dan maha kuat. Tidakkah kau tahu, dan tidakkah kau dengar?Tuhan ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertiannya." Yesaya 40:26, 28. "Maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan AnakNya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.:Ibrani 1:1, 2. 

5. Bagaimana manusia di jadikan?
"Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup."Kejadian 2:7.

6. Bagaimana mungkin untuk memahami cerita penciptaan?
"Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat." Ibrani 11:3.

7. Dapatkah kita pastikan bahwa setiap hari dari minggu penciptaan itu adalah hari yang dua puluh empat jam lamanya?
Kejadian fasal pertama memberikan catatan yang pasti tentang hari-hari pekerjaan dan ada tanda yang positif dari jangka waktu yang tepat untuk setiap hari.  Pada penutupan hari pekerjaan yang pertama Alkitab mengatakan "Jadilah petang dan jadilah pagi; itulah hari pertama." Kejadian 1:5, bagian terakhir. Dan dalam cara yang sama setiap hari yang sisa dari minggu itu dibedakan. Tiap hari terdiri dua bagian, terang dan gelap. Dalam rencana Allah terbenamnya matahari menandakan penutupan dari hari itu. Baca Kejadian 1:14-18. Tiap hari dari  minggu penciptaan dimulai dan diakhiri dengan tebenamnya matahari. menandakan penutupan dari hari itu.
Catatan: Kadang-kadang ada mengemukakan pendapat bahwa dalam beberapa hal satu hari dapat menjadi satu waktu yang tidak tentu. Namun satu pelajaran dari naskah bahasa Ibrani menyatakan bahwa kapan saja perkataan hari gidunakan dengan jumlah yang pasti sebagai kata sifat hari yang dua puluh empat jam selalu ditunjukkan. 

8. Mengapa dunia diciptakan?
"Sebab beginilah firman Tuhan, yang menciptakan langit, Dialah Allah yang membentuk bumi dan menjadikannya dan yang menegakkannya, dan Ia menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi Ia membentuknya untuk didiami-:'Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain." Yesaya 45:18.
Catatan: Baca Ayub 38:1 sampai Ayub 42:6; Dalam ayat-ayat ini anda akan membaca bukti-bukti kekuasan Allah yang menciptakan dan pengakuan Ayub yang terakhir apabila ia melihat kuasa dan hikmat Allah.

9. Apakah unsur-unsur dasar alam yang ditunjukkan dalam Kejadian fasal 1?
Dalam fasal satu masing-masing dari peraturan ini didahului oleh ungkapan, "Berfirmanlah Allah."
Pertama, Allah menciptakan terang. Baca ayat 3.
Kedua, Ia menciptakan cakrawala.
Ketiga, dalam ayat 9 Allah menetapkan batas laut dan darat.
Keempat, Allah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yag berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji. Baca ayat 11.
Kelima, Allah membagi waktu ke dalam hari , bulan, musim dengan perputaran matahari, bulan bumi dalam jalan-jalan mereka yang berlainan. Baca ayat 14.
Keenam, Allah menciptakan binatang di udara dan dalam laut. Masing-masing berkembang biak menurut jenisnya. Baca ayat 20, 21.
Ketujuh, dalam ayat 24 Allah menciptakan makhluk hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar. Masing-masing akan berkembang biak menurut jenisnya.
Kedelapan, penciptaan manusia adalah suatu penciptaan yang tersendiri dan berbeda. Baca ayat 26.
Kesembilan, kemudian Allah memberikan hukum keturunan manusia, Baca ayat 29, 30.

10. Prinsip-prinsip apa yang berhubungan dengan tingkah laku manusia dinyatakan dalam kejadian fasal 2?   
Pertama, Allah menyebutkan hari Sabat. Ia menyucikan hari ketujuh, Baca Kejadian 2:1-3.
Kedua, Ia memberikan pekerjaan, Baca ayat 15.
Ketiga, Allah memberikan pengekangan diri kepada manusia. Manusia harus menunjukkan pengendalian diri. Dia harus mengakui hak milik Allah. Pohon pengetahuan baik dan jahat menjadi ujian penurutan manusia. Baca ayat 16, 17.
Keempat, Allah memberikan perkawinan; Ini adalah fondasi rumah tangga dan persekutuan manusia. Baca ayat 18, 24.

Kesimpulan
Segala sesuatu yang dijadikan Allah adalah "sangat baik". Manusia dijadikan sempurnal Tidak ada Allah seperti Pencipta itu. Marilah kita menyembah Dia. Baca Yesaya 43:10-13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar