Kamis, 12 Juli 2012

III KESELAMATAN - 1. MANUSIA MEMERLUKAN KESELAMATAN



1. MANUSIA MEMERLUKAN KESELAMATAN

Keselamatan adalah penyelamatan manusia dari akibat-akibat dosa; terutama, kelepasan dari dosa dan kematian kekal melalui penebusan Yesus Kristus. Keselamatan adalah keperluan setiap hati manusia, “karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.” Roma 3:23. 

1. Melalui siapa keselamatan diberikan?
“Maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati – bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu ……. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” Kisah 4:10,12

2. Bagaimana keadaan manusia?
a.       Ia dilahirkan dalam dosa. Baca Mazmur 51:5, 58:3; Yesaya 48:8.
b.      Pengertiannya digelapkan. Baca Efesus 4:18
c.       Hatinya penuh kejahatan. Baca Yeremia 17:9
d.      Dia mati secara rohaniah. Baca Efesus 2:1 

3.      Mungkinkah manusia sendiri dapat mengubah keadaannya?
“Dapatkah orang Etiopia mengganti kulitnya atau macan tutul mengubah belangnya? Masakan kamu dapat berbuat baik, hai orang-orang yang membiasakan diri berbuat jahat?” Yeremia 13:23. Baca Roma 6:23, bagian pertama dan Roma 3:19, 20.

4. Apa yang diperlukan manusia dalam upaya mencari keselamatan?
a.       Kitab Suci. Baca II Timotius 3:15
b.      Berpaling kepada Allah. Baca Yesaya 45:22
c.       Percaya kepada injil kristus. Roma 1:16
d.      Menantikan kedatangan Kristus. Ibrani 9:28

5. Untuk siapa Kristus menjadi pokok keselamatan?
“Dan sesudah Ia mencapai kesempurnaanNya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepadaNya.” Ibrani 5:9.


 Kesimpulan

Kita dapat memperoleh keselamatan dengan iman kepada Kristus. “Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah, sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka. “Ibrani 7:25. Yudas 24 mengatakan kepada kita bahwa Dia “berkuasa menjaga supaya kamu jangan tersandung.” Keselamatan adalah cuma-cuma. Itu adalah berkat dari Allah. “Dari Tuhan datang pertolongan. berkatMu atas umatMu.” Mazmur 3:8. Penurutan yang dituntut Allah dari Adam dan Hawa di Taman Eden akan dilihatNya dipenuhi oleh umatNya yang sisa yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.” Wahyu 14:12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar