Kamis, 12 Juli 2012

III KESELAMATAN - 2. MENGAPA KRISTUS DATANG KE DUNIA?


2. MENGAPA KRISTUS DATANG KE DUNIA?
     Benarkah Kristus perlu datang ke dunia. Dapatkah umat manusia selamat dengan cara lain Maksud datang ke dunia ialah untuk menyelamatkan manusia (Lukas 19:20). Inilah tujuan misiNya di dunia. Yesus menganggap manusia yang hilang lebih berharga daripada segala kemuliaan sorga.

1. Mengapa Yesus mendapatkan bagian dalam daging dan dara?
     “Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari dara dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematianNya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut.” Ibrani 2:14.
Catatan: Penjelmaan adalah untuk maksud kematian. Kematian Kristus bukanlah hanya suatu peristiwa kehidupan kemanusiaanNya; itu adalah maksud yang utama.  Ia menjadi manusia supaya Ia boleh mati sebagai manusia untuk manusia.

      2.      Apakah yang dihasilkan kematianNya?
“Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orang.” Matius 20:28.

      3.      Tentang apa yang dibicarakan Musa dan Elia dengan Kristus di atas gunung penjelmaan itu?
“Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia Keduanya menampakkan diri dalam kemuliaan dan berbicara tentang tujuan kepergianNya yang akan digenapiNya di Yerusalem.”  Lukas 9:30, 31.

      4.      Menurut nubuatan tentang Mesias itu mengapa Yesus harus menderita dan mati?
Tetapi Dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi manusia ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.” Baca Yesaya 53:8, 11, 12.
Catatan: Petrus mengatakan Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar (I Petrus 3:18). Dia “telah mati karena dosa-dosa kita” (I Korintus 15:3). Baca I Petrus 2:24. Kematian kristus adalah dilakukan untuk orang lain -  Dia adalah benar dan layak hidup tetapi Dia mati menggantikan manusia yang tidak benar dan pantas mati.

      5.      Apa yang dilakukan kematian Kristus untuk manusia?
“Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di surga, sesudah Ia mengatakan perdamaian oleh darah salib Kristus.” Kolose 1:19, 20.

      6.      Mengapa Kristus sanggup memberikan pengampunan kepada orang-orang berdosa?
Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah di tebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus, yang sama seperti darah anak domba yang tak ternoda dan tak bercacat.” Kolose 1:19, 20.
Catatan: Yesus menjadi persembahan yang bersalah untuk dosa dan itu berdasarkan kematianNya supaya pengampunan diberikan kepada orang-orang berdosa. Baca Ibrani 9:22 dan Yesaya 53:12. Oleh kematian Kristus Allah dapat menunjukkan kemurahan hati kepada seluruh dunia. “Yang telah menyerahkan diriNya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan.” I Timotius 2:6. Harga tebusan telah dibayar. Semua manusia kemungkinan diampuni; manusia harus menerima ini dengan iman kemudian pengampunan yang dibeli adalah miliknya.

Kesimpulan
     Kristus datang ke dunia dan mengalami maut bagi manusia (Ibrani 2:9). Karena Kristus datang dan mati Allah dapat memberikan keselamatan kepada manusia. Dia mati untuk orang-orang tidak benar (I Petrus 3:18). Dia mati untuk orang-orang berdosa (Roma 5:8). Dia mati untuk orang-orang durhaka (Roma 5:6). “Dan aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, aku akan manarik semua orang datang kepadaKu. Ini dikatakanNya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.” Yohanes 12:32, 33. Kematian kristus adalah maknit sorga yang besar untuk menarik semua orang kepadaNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar