Jumat, 06 Juli 2012

II. - 4. RENCANA ALLAH UNTUK PEMULIHAN MANUSIA - KEJATUHAN DAN PEMULIHAN MANUSIA

4. RENCANA ALLAH UNTUK PEMULIHAN MANUSIA
     Pencipta membuat manusia jujur (Pengkhotbah 7:29). Namun Iblis, ketika dibuang ke dunia ini, telah berhasil dalam penipuannya. Dengan perantaraan ular yang indah di Eden setan membuat Adam dan Hawa tidak percaya kepada Firman Allah dan kemudian masuk ke dalam pendurhakaan akan hukum-hukum Allah. Dengan demikian manusia sudah dibawa ke dalam perbudakan setan (II Petrus 2:19). "Sebab itu sama seperti dosa telah masuk kedalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa ini juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa." Roma 5:12.

1. Pada saat-saat Adam yang tergelap, ketika ia menyadari apa yang telah hilang dari padanya, pertanyaan apa yang dibuat Allah kepada ular itu yang memberikan semangat kepada Adam?
"Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya." Kejadian 3:15.
Catatan: Ketika manusia berdosa Kristus yang menciptakan segala sesuatu (Yohanes 1:3) rela mati untuk dia. Kristus rela membayar upah dosa dan dalam pengertian ini Dia adalah "Anak Domba yang telah disembelih"sejak dunia dijadikan Wahyu 13:8. Baca I Petrus 1:18, 20.

2. Dari benih siapa pelepas manusia itu datang?
"Benih perempuan itu harus meremukkan kepala ular itu (Kejadian 3:15) Kristus harus dari benih perempuan itu dan lahir dari seorang perempuan supaya menjumpai ular itu..........dimana dosa memasuki umat manusia.

3. Apakah Kristus lahir dari seorang perempuan?
"Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus AnakNya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak." Galatia 4:4, 5. "Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudaranNya." Ibrani 2:17.

4. Ketika Kristus dilahirkan Maria apakah Ia mengambil sifat Maria?
"Ketika anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematianNya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut." Ibrani 2:14.
Catatan: Alkitab jelas menyatakan Ia mengambil sifat manusia "hanya tidak berbuat dosa." Ibrani 4:15. Ia menjadi letih (Yohanes 4:6). Ia menjadi lapar (Matius 4:2). Ia menjadi haus (Yohanes 19:28). Ini menunjukkan bahwa Yesus adalah manusia, namun Ia tidak pernah berdosa ataupun memenuhi keperluanNya.

5. Apa hubungan Kristus kepada Allah dan manusia?
"Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diriNya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib." Filipi 2:5-8.
Catatan: Kristus adalah di dalam bentuk Allah menjadi sama dengan manusia. Ia yang sama dengan Allah menjadi sama dengan manusia. Ia adalah Pencipta dan Tuhan tetapi Ia menjadi mahkluk ciptaan dan hamba. Dia yang adalah Allah menjadi manusia dan daging (Yohanes 1:1, 14)

6. Menjadi apa Kristus dibuat?
Dia menjadi daging (Yohanes 1:14). Dia "takluk kepada hukum Taurat" (Galatia 4:4). Kristus "kena kutuk" (Galatia 3:13). Kejahatan kita sekalian ditimpakan kepadaNya (Yesaya 53:6). Dia telah dibuat menjadi dosa (II Korintus 5:21).

7. Apa yang mendorong masuknya Kristus ke dalam keluarga manusia?
"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." Yohanes 3:16.
Catatan: Ketika Yesus mati di kayu salib Ia membayar hukuman kematian untuk dosa-dosa kita. Ini membuat pengampunan dan hidup kekal dapat diperoleh orang-orang yang menerima darahNya dengan iman. Baca Roma 3:23; I Petrus 2:24; Roma 3:24, 25.

8. Jaminan apa yang tersedia sehingga Kristus dapat menolong saya supaya menang melawan pencobaan?
"Itulah sebabnya, maka dalam segala hal ia harus disamakan dengan saudara-saudaraNya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa. Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai." Ibrani 2:17, 18.

Kesimpulan
     Kristus datang untuk mencari dan menyelamatkan manusia yang hilang (Lukas 19:10). Ia digambarkan seperti gembala yang mencari seekor domba yang hilang. Ia datang untuk memulihkan citra Allah di dalam diri manusia. Ia menaruh diriNya di antara orang-orang yang hilang. Dia dibuat menjadi dosa. Baca Yesaya 1:18. Rencana Allah adalah membuat manusia sempurna. Baca Matius 5:48 dan II Petrus 1:2-8.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar