Kamis, 05 Juli 2012

I. ILHAM ALKITAB - 1 DARI MANA ASAL ALKITAB?


1. DARI MANA ASAL ALKITAB?


Alkitab adalah wahyu Allah kepada manusia yang terdiri dari enam puluh enam (66) buku yang disatukan dan membentuk satu buku. 22 buku dari Alkitab itu adalah sebagian besar sejarah, 21 buku adalah sebagian besar buku nubuatan, 21 buku dalam bentuk surat, dan 2 buku kebanyakan syair.

Walaupun ditulis oleh paling sedikit tiga puluh enam pengarang yakni para raja, petani, ahli hukum, jenderal, nelayan, pendeta, para imam, pemungut cukai, dokter, beberapa orang kaya dan beberapa orang miskin, dalam kurun waktu lebih dari 1600 tahun, namum Alkitab adalah satu buku karena Allah adalah pengarang yang sebenarnya.

1. Siapakah yang menurunkan nubuatan-nubuatan Alkitab melalui saluran Roh Kudus?
"Sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh
Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah." II Petrus 1:21. Baca I Petrus 1:10,11. Catatan: "Roh Kristus" mengilhami para nabi untuk menunjukkan bahwa seluruh Alkitab adalah buku Kristen.

2. Berapa banyak dari Alkitab itu yang diilhamkan Allah?
"Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar." II Timotius 3:16 bagian pertama.

3. Siapa menyatakan masa mendatang kepada para nabi melalui ilham Roh Kudus?
"Sungguh, Tuhan Allah tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusanNya kepada hamba-hambaNya, para nabi." Amos 3:7.


4. Apakah para nabi mengakui bahwa pekabaran mereka berasal dari Allah?
Ya. Ini ada beberapa contoh:
Daud mengatakan, "Roh Tuhan berbicara dengan perantaraanku, firmanNya ada di lidahku." II Samuael 23:2.
Yeremia mengatakan, :Lalu Tuhan mengulurkan tanganNya dan menjamah mulutku." Yermia1:9. bagian terakhir. Baca Yeremia 1:4-9.
Allah menyuruh Yehezkiel, "Sampaikanlah perkataan-perkataanKu kepada mereka." Yehezkiel 2:7, bagian pertama. Ketika Zakharia, ayah Yohanes Pembaptis, "dipenuhi oleh Roh Kudus" ia katakan bahwa Allah telah berbicara :oleh mulut nabi-nabiNya yang kudus." Lukas 1:70.


5. Dengan cara apa Yohanes mengatakan bahwa Buku Wahyu diberikan?
"Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepadaNya, supaya ditunjukkanNya kepada hamba-hambaNya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikatNya yang diutusNya, Ia telah menyatakan kepada hambaNya. Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang segala sesuatu yang telah dilihatnya" Wahyu 1:1,2.
Catatan: Dalam contoh ini langkah-langkah dalam pekabaran Allah kepada para nabi, kita melihat bahwa allah adalah sumber kebenaran. Kristus menerima kebenaran dari Bapa. Kemudian Yesus memberikan kepada malaikat yang dipilih. Malaikat menyampaikan pekabaran itu kepada nabi yang bergiliran menyampaikannya kepada manusia maupun secara lisan . tulisan atau keduanya.


Kesimpulan
Adalah kenyataan bawha "Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara bebicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi." Ibrani 1:1. Alkitab adalah buku Allah. Karena Alkitab adalah FirmanNya maka itu akan berdiri selama-lamanya. Baca Yesaya 40:8. Baik sekali apabila kita menaruh nilai yang sama kepada Firman Allah itu seprti yang diperbuat ayub. "Perintah dari bibirNya tidak kulanggar, dalam sanubariku kusimpan ucapan mulutNya.: Ayub 23:12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar