Kamis, 12 Juli 2012

III KESELAMATAN - 6. PENGUDUSAN


1.      PENGUDUSAN

    Apa yang termasuk dalam pengudusan? Apakah itu sesuatu yang terpisah dari pembenaran? Ingat bahwa Allah ingin memberikan kebenaranNya kepada manusia. Sejauh mana Allah ingin memberikan kebenaranNya kepada orang yang menerimaNya sebagai Tuhan? Apakah kebenaran itu tersedia hanya pada permulaan kehidupan Kristen atau sepanjang kehidupanNYa? Kita harus mengingat bahwa keselamatan adalah suatu pengalaman yang tidak pernah berakhir. Keselamatan dari kekejian dosa dan hukumannya terjadi ketika seorang menerima Kristus sebagai Juruselamatnya. Dia dibenarkan. Keselamatan juga mencakup kelepasan dari kuasa dosa. Ini adalah penyucian dan ini adalah proses seumur hidup.

1.      Haruskah orang percaya diselamatkan dari kuasa dosa?
“Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya? Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematianNya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.” Roma 6:1-4.

2.      Kepada perkara apakah kasih Kristen dipusatkan?
“Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia di dalam kemuliaan.” Kolose 3:1-4

3.      Apakah pengudusan pengalaman yang terus-menerus?
“akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.” Filipi 1:6

4.      Dalam hidup Kristen bagaimanakah keadaan diri dihubungkan dengan Kristus?
“Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.” Filipi 3:7-9. Baca Galatia 6:14.

5.      Bagaimana rapat hubungan Kristen dengan Kristus?
“Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku.” Galatia 2:20. Baca Roma 6:3, 4.
Catatan: Kita mempunyai dua kemungkinan untuk melayani dua tuan. Pilihan adalah milik kita. Dalam hidup Kristen kita mati terhadap dosa tetapi hidup untuk Allah. Baca Roma 6:11-14 dan 17-19.

6.      Apa tujuan Kristus dalam hidup?
Baca Filipi 3:13, 14; Ibrani 12:1, 2.

7.      Perlukah kita takut atau dapatkah kita memperoleh jaminan keselamatan di dalam Kristus?
Baca I Yohanes 4:18, I Yohanes 5:11-13; II Timotius 1:12; Yohanes 10:27-29.

Kesimpulan
     Pengudusan adalah pertobatan yang membawa penyelesaian. “Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diriNya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaanNya yang sebenarnya.” I Yohanes 3:2. Orang yang di dalam Kristus mempunyai tujuan “mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya.: Filipi 3:10, bagian pertama. Maka mengalami pengudusan kita mengatakan beserta Paulus. “Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.” Galatia 2:20, bagian pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar