Jumat, 06 Juli 2012

II. - 2. BAGAIMANA MANUSIA BERDOSA - KEJATUHAN DAN PEMULIHAN MANUSIA

2. BAGAIMANA MANUSIA BERDOSA
     Dosa timbul ketika Lucifer dan malaikat-malaikatnya meninggalkan kesetiaan mereka kepada Allah. Ketika mereka diusir dari sorga (Wahyu 12:9). Iblis memikirkan rencana supaya manusia mengikut dia. Inilah yang disebut pertentangan antara Kristus dan Iblis. Keduanya mencari para pengikut.

1. Apa yang dilakukan ular itu di taman Eden di mana manusia berada?
"Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yagn dijadikan oleh Tuhan Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu:"Tentu Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?" Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: 'Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.' Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: 'Sekali-kali kamu tidak akan mati.'" Kejadian 3:1-4.
Catatan: Ular itu adalah perantara yang olehnya Iblis menarik perhatian Hawa. Tidak kuat kebenaran itu dipegang, Dia tahu mereka dapat memakan buah pohon-pohon itu tetapi ia coba membuatnya Allah melarangnya. Ketika Hawa mengatakan kepadanya bahwa hanya buah pohon yang di tengah-tengah taman itu yang tidak boleh mereka makan atau pegang supaya mereka tidak mati kemudian Iblis mebantah Allah dan mengatakan dusta, "Sekali-kali kamu tidak akan mati."

2. Siapa yang dipercayai Adam dan Hawa, Allah atau Ular?
"Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagi pula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya." Kejadian 3:6.

3. Karena Adam berdosa bagaimana dosa ini mempengaruhi umat manusia?
"Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah mengajar kepada semua orang, karena semua orang berbuat dosa." Roma 5:12 Baca Roma 3:23; I Korintus 15:22, bagian pertama.

4. Apakah dosa itu?
"Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah." I Yohanes 3:4. Baca Roma 4:15. Hukum Allah menolong kita untuk mengetahui apakah dosa (Roma 3:20, bagian terakhir).

Kesimpulan
     Pendurhakaan kepada perintah Allah adalah dosa di Taman Eden. Prinsip yang sama tetap berlaku pada hari ini. Namun, orang tidak perlu terus mendurhaka dan berdosa. Kapan saja orang berdosa ia membuat pilihan itu. Baca Yosua 24:15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar