V. KEPASTIAN NUBUATAN
4.
KETIDAKPERCAYAAN DIPERSALAHKAN
(Tujuh
puluh Minggu)
Orang suka tidak percaya bahwa Yesus
adalah Mesias yang benar sesudah dengan hati-hati mempelajari nubuatan tujuh
puluh Minggu. Lima ratus tahun sebelum kelahiranNya waktu nubuatan sudah
dicatat yang memberitahukan lebih dulu tahun baptisan Kristus, tahun
penyalibanNya, dan tahun dimana injil itu akan pergi kepada orang bukan Yahudi.
Pembukaan rahasia nubuatan ini menunjukkan bukti yang kuat mengenai kepastian
Firman Allah.
- Siapa yang diutus untuk
menerangkan penglihatan (khayal) itu kepada Daniel?
“Dan aku mendengar dari tengah sungai Ular itu suara manusia yang
berseru: “Gabriel memberikan keterangan dari domba jantan dan kambing jantan,
dan tanduk kecil itu. Tetapi, dua ribu tiga ratus hari yang disebutkan dalam
Daniel 8:14 tidak diterangkan pada waktu yang sama oleh karena “Daniel lelah
dan jatuh sakit beberapa hari lamanya.” Daniel 8:27.
- Apakah Gabriel kembali untuk
melengkapi leteramgam 2300 hari?
“Sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke
arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada
waktu persembahan korban petang hari. Lalu ia mengajari aku dan berbicara
dengan aku: Daniel, sekarang aku datang utnuk memberi akal budi kepadamu untuk
mengerti. Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan keluarlah suatu firman,
maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi.
Jadi camkanlah firman itu dan perhatikan penglihatan itu!’” Daniel 9:21-23.
Catatan: Kesembilan belas ayat pertama
dari Daniel 9 menunjukkan Daniel membuat beberapa penelitian mengenai waktu
penawanan. Dia yakin itu akan tujuh puluh tahun, tetapi kaena dia belum
mengetahui makna dari 2300 hari ia takut Allah akan memperpanjang penawanan mereka.
Maka Daniel berdoa, mengakui dosa-dosanya, dan memohon supaya penawanan jangan
diperpanjang.
- Berapa banyak dari 2300 hari
diberikan kepada bangsa Yahudi?
“Tujuh puluh kali tujuh masa telah
ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan
kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk
mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan
untuk mengurapi yang maha kudus.” Daniel 9:24.
Catatan: Perkataan “ditetapkan” berarti
dikurangi, karena ketujuh puluh minggu ini adalah dalam suatu rangkaian
nubuatan lambang (Daniel 8 dan 9) jangka waktu ini harus ditafsirkan menurut
prinsip satu hari untuk satu tahun yang disebutkan dalam Yehezkiel 4:6 dan
Bilangan 14:34. Berdasarkan ini ketujuh puluh minggu itu menunjukkan 70 x 7
atau 490 tahun.
- Lima peristiwa besar apakah
dinyatakan nubuatan ini?
“Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni
bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan
seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh
dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang
dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. Sesudah keenam puluh dua kali
tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada
salahnya apa-apa. Maka datanglah seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus
itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir
zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan. Raja
itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu
kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban
sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang
membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan
itu.” Daniel 9:25-27.
Catatan: (1)Ada “perintah untuk
memperbaiki dan membangun Yerusalem” (2)”Jalan dan tembok akan dibangun
kembali”(3)”Hingga kepada Mesias Putra Raja itu.”(4)Mesias itu akan
dipenggal”pada pertengahan minggu itu? (5)Pintu kasihan nasional harus diakhiri
pada penutupan dari tujuh puluh minggu nubuatan itu.
- Tahun berapa ditentukan untuk
perintah membangun kembali Yerusalem?
Ada tiga perintah yang memberikan
izin bagi bangsa Ibrani yang terbuang itu untuk kembali ke negrinya. Perintah
koresy pada tahun 537 sebelum Masehi yang berhubungan dengan pembangunan kaabah
kembali, pengembalian bejana-bejana suci dan penyembahan kaaba (Ezra 1:1-4).
Perintah Darius tahun 519 sebelum Masehi adalah pembaruan perintah pertama
karena ada beberapa halangan pekerjaan itu (Ezra 6:7-12). Terakhir perintah
Artahsasta tahun 457 Sebelum Masehi, tambahan pula untuk melancarkan
pembangunan perbaktian kembali di Yerusalem dan memungkinkan pembentukan negara
Ibrani dan suatu pemerintahan lokal (Ezra 7:11-26). Dalam Ezra 6:14 ketiga
perintah ini menunjuk kepada “perintah Allah orang Israel.”
Catatan : Tujuh minggu pertama atau 49
tahun (Daniel 9:25) adalah untuk melihat pembangunan kembali tembok Yerusalem.
Kota itu sudah mulai berbentuk tahun 408 Sebelum Masehi.
- Apa makna ungkapan “hingga
kepada Mesias Putra Raja itu”?
Mesias akan kelihatan pada akhir dari 69 minggu atau 483 tahun.
Mulai musim rontok tahun 457 Sebelum Masehi sampai tahun 1 Sesudah Masehi akan
menjadi 457 tahun penuh, tetapi nubuatan mengatakan 483 tahun kepada Mesias
jadi 26 tahun lagi akan memperpanjang waktu ini
kepada musim rontok tahun 27 Sesudah Masehi. Mesias artinya Kristus atau
yang diminyaki (diurapi). Pada zaman dulu imam-imam dan raja-raja diurapi
apabila mereka memulai pekerjaannya.
Catat fakta-fakta berikut:
a.
Kristus diurapi oleh Roh Kudus
(Kisah 10:38).
b.
Roh Kudus turun kepada Yesus
pada waktu dibaptiskan apabila Ia memulai pekerjaannya (Matius 3:16).
c.
Yesus disebut Mesias oleh para
pengikutNya yang dekat (Yohanes 1:41)
d.
Yesus menyaksikan pengurapan
diriNya di hadapan umum (Lukas 4L14-21).
e.
Ketika Kristus mengatakan,
sesudah baptisanNya, “waktunya telah genap,” Ia mengumumkan penutupan dari ke
69 minggu dan dengan dimikian mengambil Daniel 9 sebagai bukti kemesiasanNya
(Markus 1:15).
Catatan : Waktu yang 490 tahun ini dalam
banyak hal adalah klimaks besar dari zaman Perjanjian Lama – zaman para bapa,
nabi, dan raja-raja yang mengharapkan – sebagaimana itu harus disempurnakan
oleh munculnya, pelayanan dan kematian Mesias yang menebus. Malang bangsa
Yahudi memenuhi mangkok pelanggarannya, tetapi adalah kehidupan dan kematian
Mesias yang memunkinkan “akhir-dosa”- yang telah membuat “pendamaian untuk
kejahatan” dan yang telah membawa “kebenaran yang kekal.” PelayananNya telah
menguatkan nubuatan. Tetapi lebih dari pada itu sudah disempurnakan Pengurapan
“Yang Maha Kudus” menunjuk kepada pelantikan Mesias sebagai Imam Besar manusia
dalam kaabah sorga untuk memberikan jasa-jasaNya demi keperluan pria dan wanita
yang bertobat. Baca Ibrani 8:1, 2; 9:24. Dalam nubuatan ini ada suatu usaha
untuk mengangkat perhatian kita ke kaabah sorga. Itu telah diberitahukan lebih
dulu dalam Mazmur 110:4; Yesaya 53:12; Zakaria 6:11-14 bahwa Kristus akan
menjadi imam. Dalam buku Daniel ini kepada kita ditunjukkan kaabah di mana Dia
akan melayani. Ini diperkuat dan diuraikan dalam buku Ibrani.
7.
Bagaimana ramalan itu digenapi
bahwa Mesias itu akan disingkirkan pada pertengahan minggu?
Tiga setengah tahun melaksanakan
pekerjaanNya; kemudian Ia “disingkirkan” tetapi bukan untuk diriNya, “pada
pertengahan yang 70 minggu.” Sehingga Dia menghentikan “korban dan persembahan
keapda Tuhan” ternyata dengan terbelah duanya tabir Bait Suci (matius 27:51).
Dan itu harus diteliti bahwa Dia “memperkuat perjanjian dengan banyak orang
untuk satu minggu,” atau tujuh tahun seperti yang diramalkan. Dia lakukan ini
utnuk 3 ½ tahun selama pekerjaanNya untuk orang banyak, dan untuk 3 ½ tahun
sesudah penyalibanNya oleh rasul asli (Ibrani 2:3) membuat jumlah tujuh tahun.
8.
Tindakan apa dari pihak para
pemimpin Yahudi mengakhiri masanya percobaan 490 tahun untuk bangsa Yahudi?
Baca Kisah 7:54-60
Catatan: Pelemparan Stefanus adalah penolakan
injil yang resmi oleh para pemimpin yang bertanggung jawab (Kisah 7:51-54).
Oleh karena penganiayaan yang membuat orang-orang Kristen terpencar-pencar
kemudian mereka mulai membawa injil itu kepada orang-orang yang bukan Yahudi.
Filipus berkotbah kepada orang Samaria dan orang sida-sida dari Etiopia (Kisah
8:5, 27-29). Kemudian satu waktu Saul bertobat (Kisah () dan menjadi rasul
kepada orang-orang yang bukan Yahudi.
9.
Hal-hal penting apakah akan
dikerjakan dalam waktu tujh puluh minggu ini menurut malaikan Gabriel?
“Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas
bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kegasikan, untuk
mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang
kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha
kudus.” Daniell 9:24
KESIMPULAN
Apa gunanya
nubuatan tujuh puluh minggu ini bagi kita? Itu menambah keyakinan kita kepada
wahyu Firman Allah. Itu adalah pertunjukkan kasih dan rahmat Allah yang
berhubungan dengan umatNya. Itu menolong untuk membuka waktu besar nubuat
Daniel 8:14. Terutama, Yesus Kristus ditunjukkan menjadi Mesias yang benar.
Tentang Kristus kita dapat mengatakan bersama Filipus, “Kami telah menemukan
Dia, yang disebut Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi.” Yohanes 1:45.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar