Jumat, 22 November 2013

V.2. KEPASTIAN NUBUATAN - SIAPAKAH ANTI KRISTUS ITU

2. SIAPAKAH ANTI KRISTUS ITU?

Allah memberikan khayal kepada Daniel yang menyatakan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi beberapa abad sesudah zamannya. Dalam Daniel 7 Allah menggambarkan dalam lambang yagn cocok bangun dan jatuhnya bangsa-bangsa dari zaman Daniel sampai kepada timbulnya Anti Kristus. Setiap pelajaran nubuatan Alkitab mencemaskan timbulnya Anti Kristus dan pekerjaan kuasanya.

  1. Apa yang dilihat oleh Daniel pada tahun pertama dari Belsyazar, raja Babel?
“Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Lalu dtiuliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya: Berkatalah Daniel, demikian: ‘Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar, dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berb eda dengan yang lain. Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali, aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan ahti manusia. Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak. Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagi pula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan. Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi, ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia ber beda dengan segala binatang yang terdahulunya; lagipula ia bertanduk sepuluh. Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.
“ Daniel 7:1-8.
Catatan:Kepada Daniel ditunjukkan empat binatang yang berbeda satu dengan yang lain. Mereka keluar dari laut. Binatang keempat mempunyai sepuluh tanduk dan akhirnya sebuah tanduk kecil keluar dari kesepuluh tanduk itu.

  1. Tiga golongan lambang apakah yang di lihat Daniel?
Kepadanya ditunjukkan laut, empat binatang, dan empat angin yang mengguncang laut.

  1. Apakah yang di lambangkan angin dalam nubuatan Alkitab?
Baca Yeremia 49:35-37 dan Yeremia 51:1, 11
Catatan: Dalam nubuatan angin mengartikan pertentangan, kegaduhan politik, dan perang. Pertentangan angin dalam nubuatan ini menggambarkan bangun dan jatuhnya kerajaan-kerajaan; peristiwa-peristiwa ini dilakukan dengan pertentangan politik.

  1. Apakah yang dilambangkan laut dan air dalam nubuatan?
“Lalu ia berkata kepadaku: Semua air yang telah kulihat, di mana wanita pelacur itu duduk, adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.” Wahyu 17:15. Baca Yesaya 17:12, 13.

  1. Apa yang digambarkan binatang keempat?
“Binatang-binatang besar yang empat ekor itu ialah empat raja yang akan muncul dari dalam bumi……Maka demikianlah katanya: Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya dan meremukkannya.” Daniel 7:17, 23.
Catatan:  Patung besar dari Daniel 2 terbuat dari empat logam yang menggambarkan empat kerajaan. Keempat binatang menggambarkan keempat kerajaan yang sama, Babel, Madai Parsi, Yunani, dan Roma. Kerajaan keempat terbagi sepuluh bagian (sepuluh jari kaki).

  1. Apa yang dilambangkan kesepuluh tanduk?
“Kesepuluh tanduk itu ialah kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu. Sesudah mereka, akan muncul seorang raja; dia berbeda dengan raja-raja yang dahulu dan akan merendahkan tiga raja.” Daniel 7:24
Catatan: Kesepuluh raja yang disebutkan di sini yang menggambarkan sepuluh kerajaan bukan duga-dugaan saja. Dalam ayat 17 keempat binatang itu disebutkan untuk menggambarkan empat raja dan binatang keempat secara khusus disebut “kerajaan keempat.” Karena keempat tanduk dalam daniel 8:22 disebut empat kerajaan, adalah pantas menduga bahwa kesepuluh tanduk ini adalah sepuluh kerajaan juga.

  1. Apa dikatakan Daniel tentang binatang pertama?
Menurut Daniel 7:4 itu adalah seekor singa. Ia mempunyai sayap burung rajawali dan akhirnya hati manusia diberikan kepadanya. Sayap rajawali menggambarkan kemenangan Babel yang cepat (Ulangan 28:49). Pada malam pesta Belsyazar, ketika tangan menuliskan nasib malang Babel di dinding, hati manusia diberikan kepadanya (Daniel 5:1-6).

  1. Apa dikatakan tentang beruang?
Dalam Daniel 7:5 beruang digambarkan dengan tiga tulang rusuk dalam mulutnya. Ini melambangkan penaklukan Babel, Lajdia, dan Mesir oleh Madai Parsi.

  1. Apa dikatakan nabi itu tentang binatang ketiga?
Dia sebutkan dalam Daniel 7:6 binatang itu seperti macan tutul. Keempat sayapnya menggambarkan kecepatan gerakan yang tiada bendingannya. Ini benar mengenai kerajaan Yunani. Keempat kepala adalah keempat b again dari kerajaan Yunani sesudah kematian Iskandar Zulkarnain, di antara keempat jendralnya yang terpenting-Cassander, Lysimachus, Ptolemy, dan Seleucus.

  1. Lukisan apa diberikan mengenai binatang keempat?
Binatang ini dilukiskan dalam Daniel 7:7 sebagai menakutkan dan kuat. Binatang itu mempunyai gigi besar dari besi dan sepulu tanduk yang menggambarkan sepuluh bagian dari Romba B arat, sama seperti yang digambarkan sepuluh jari kaki patung dalam Daniel 2, yakni Alemani, Ostrogoth, Visigoths, Franks, Vandals, Suevi, Burgudians, Heruli, Anglo saxons, dan Lombard.

  1. Apa yang tumbuh dari kesepuluh tanduk itu (bangsa-bangsa Eropa)?
Menurut Daniel 7:8, 24 tumbuhlah kuasa sebuah tanduk kecil yang mempunyai “mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.” Ini menggambarkan timbulnya kuasa politik agama. Karena Heruli, Ostrogoths, dan Vandals menentang ajaran dan tuntutan sistem ini kuasa tanduk kecil ini muncul ke garis depan ketika mereka memberanikan diri tanduk kecil itu harus berbeda dari kesepuluh tanduk yang menunjukkannya akan menjadi kuasa agama yang bekerja t erutama dalam kerajaan agama dan juga dalam urusan politik. Sistem ini berhasil mencabut Heruli tahun 493 sesudah Masehi, Vandals tahun 534 sesudah Masehi, dan Ostrogoths tahun 538 sesudah Masehi.

12.  Empat perincian apakah disebutkan dalam nubuatan ini yang mempersamakan sistem ini sebagai Anti Kristus?
“Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” Daniel 7:25.
Catatan: Dua tanda yang mempersamakan ialah waktu dan tempat. Tanduk kecil itu muncul sesudah penghancuran Kerajaan Roma di Barat (476 sesudah Masehi). Tanduk kecil itu juga muncul dari antara bangsa-bangsa Eropa barat. Itulah sebabnya yang nyata bahwa tanduk kecil ini atau kuasa Anti Kristus yang akan bangkit pada waktu dan tempat yang tertentu tampak seperti yang di ramalkan. (Kunci-kunci ini menolong kita untuk mengetahui bahwa tanduk kecil Anti Kristus itu tidak akan datang pada akhir zaman seperti yang di ajarkan sekarang.)

13.  Apakah sistem ini sudah menjalankan semua kekuasaan yang harus dilakukan tanduk kecil ini?

    1. Akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi.”
Kekuasaan ini sudah menggunakan nama yang hanya dapat dimiliki Allah. Allah adalah makhluk unggul dari alam semesta. Dia adalah Pencipta. Dia pantas menerima penyembahan dan pemujaan kita. Manusia diciptakan “sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat.” Ibrani 2:7. Itulah sebabnnya manusia jangan sekali-kali berpikir untuk memuliakan dirinya di atas Allah. Selama abad pertengahan sistem politik agama yang berkuasa membuat dirinya kadang-kadang bukan hanya sama malahan di atas Allah. Kebenaran oleh perbuatan menggantikan firman Allah. Sebagian orang mengambil tempat-tempat yang sama dengan Allah

    1. “Akan menganiaya orang-orang kudus milik yang Mahasuci.”
Ini adalah gambaran penganiayaan. Diperkirakan secara cermat bahwa pada Abad Pertengahan 50.000.000 orang yang mati syahid oleh karena sistem ini. Penyelidikan ini baik ciptaan maupun alat dari kekuasan ini adalah utnuk menghadapi orang-orang yang ingkar.

    1. Akan “berusaha untuk mengubah waktu dan hukum.”
Menurut Daniel 2:21 Allah itulah yang mengendalikan bangsa-bangsa dan adalah hak istimewaNya saja untuk mengubah waktu. Karena tanduk kecil yang berusaha mengubah waktu adalah melakukan pekerjaan Allah yang berusaha membentuk sejarah. Bagaimana sistem ini berusaha mengubah hukum? Para ahli sejarah menceritakan kemurtadan dari abad-abad Kristen mula-mula pada waktu mana banyak ajaran dan kebiasaan yang bertentangan dengan kehendak Allah diperkenankan. Kekuasaan tanduk kecil ini bertanggung jawab membuat hari Minggu hari perbaktian. Sejarah menyatakan bagaimana hal ini semua terjadi dan menunjukkan bahwa sejarah itu adalah bertanggung jawab. Dalam beberapa catekhismus hukum kedua sama sekali dibuang, hukum kesepuluh dibagi dua dan hukum keempat diubah.

    1. “Dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.”
Di sini Allah berhati-hati memisahkan waktu keunggulan sistem ini. (Dalam bahasa Aram perkataan itu diterjemahkan “masa” dalam Daniel 4:16, 23, 25, 32 diartikan “satu tahun.” Dua masa datang dari perkataan yang sama sebagai “masa” dan kebanyakan para sarjana setuju ini menunjukkan “dua masa” atau dua tahun. Perkataan yang diterjemahkan “setengah masa” boleh diterjemahkan “setengah.” Dengan demikian kekuasaan tanduk kecil itu harus menjadi unggul untuk satu masa dua masa, dan setengah masa.) Ketika raja Nebukadnezar dipecat sampai 7 masa berlalu (Daniel 4:25), ini adalah 7 tahun. Dalam perkiraan nubuatan ada tiga puluh hari untuk satu bulan atau 360 hari untuk satu tahun. Itulah sebabnya tiga setengah masa akan menjadi 1260 hari. Dalam Wahyu 12:14 gerja Allah dikatakan akan dalam pengasingan untuk satu masa, dua masa dan setengah masa. Dalam Wahyu 12:6 Allah menerangkan ini menjadi 1260 hari. Peraturan untuk menafsirkan waktu nubuatan ialah “satu hari adalah satu tahun.” Yehezkiel 4:4-6. Waktu keunggulan dari tanduk kecil itu mulai tahun 538 sesudah Masehi ketika Ostrogoths, kekuasaan terakhir dari ketiga kekuasaan itu tercabut. Akhir dari 1260 tahun itu ialah tahun 1798. Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada waktu itu menyebabkan kekuasaan ini mendapat lukaparah. Buat sementara waktu kekuasaannya diambil.
Catatan: Itulah sebabnya sejak kekuasaan tanduk kecil itu telah (1)mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, (2) menganiaya dan membunuh orang-orang kudus, (3) berusaha mengubah waktu dan hukum, (4)berkuasa selama 1260 tahun seperti yang diramalkan, sudah pasti itulah kekuasaan yang ditunjukkan nubuatan tersebut. Nubuatan ini tidak berbicara melawan kepribadian tetapi melawan sistem.

KESIMPULAN


Baca Daniel 7:9, 10. Di sini Allah menyatakan permulaan penghakiman. Dalam Daniel 7 penghakiman terakhir disebutkan tiga kali (ayat 10, 22, 26). Kerajaan Allah yang kekal disebutkan empat kali (ayat 14, 18, 22, 27). Adalah nyata bahwa walaupun Iblis telah lama menjalankan peperangan melawan hukum Allah, namun Kristus akan mempunyai perintah terakhir!


Dipihak manakah engkau berdiri dalam pertentangan antara kebenaran dan kesalahan? “Siapakah yang memihak kepada Tuhan?” Keluaran 32:36. Buatlah milikmu sendiri keputusan dari Yosua 24:15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar